Tata Upacara Bendera di SMPN 2 Tasikmalaya

Tata Upacara Bendera (TUB) di SMP Negeri 2 Tasikmalaya

Assalamu’alaikum wr.wb
            Hallo, guys! Annyeong chinggu! Apa kabar semuanya? Semoga baik-baik aja, ya. Aamiin.
Ohh iya,mungkin didalam hati kalian (cielah) kalian penasaran, siapa kita, maksudnya, siapa sih orang yang bikin artikel ini. Iya kan? Iya dong, pastinya. Kenalin, kita yang nulis artikel ini adalah perwakilan Osis dari Seksi Bidang 3, dan Seksi Bidang 10. Kenapa kita buat artikel ini? Ya, karena menurut kita, ini informasi yang perlu kalian ketahui (murid Nedutas, ataupun readers lainnya). Kenapa perlu? Karena memang artikel ini memang menarik untuk kalian baca, dan Insyaallah akan bermanfaat untuk kalian semua—pembaca.
            Langsung aja, ya, ke pokok pembahasan kita. Sekarang kita mau ngebahas tentang Tata Upacara Bendera di SMP Negeri 2 Tasikmalaya nih, yup, sekolah kita semua. Kalian udah pada tau, kan, TUB (Tata Upacara Bendera) itu apa? Ya, TUB adalah tindakan dan gerakan yang dirangkaikan dan ditata dengan tertib dan disiplin. Waduh, bahasanya terlalu baku, ya? TUB itu, seperti yang kalian tahu, adalah upacara bendera yang dilakukan setiap hari Senin. (ada juga yang dilakukan selain hari Senin, yaitu upacara memperingati Hari Besar Nasional). Pada hakekatnya upacara bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain.
Pasti kalian didalam hati lagi bertanya, “apa istimewanya, sih, artikel ini? Kan dimana-mana upacara bendera mah sama aja”. Hayo, ada yang gitu, kan? Hihihi.
Iya, memang, pada umumnya Upacara Bendera di Sekolah manapun sama. Dari mulai pembukaan sampai penutupan (yaiyalah, ya). Tapi, ada hal yang ‘sedikit’ membedakan TUB di SMP Negeri 2 Tasikmalaya dan TUB di sekolah-sekolah lain.
Pasti pada kepo, kan, apa bedanya? Hihihi, bercanda. Oke, langsung aja ya kita bahas apa perbedaan TUB di Nedutas dan di sekolah lain.
Perbedaannya adalah hanya 1, jadi, setiap hari Senin diawal bulan SMP Negeri 2 Tasikmalaya TUB memakai bahasa bilingual yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tetapi, yang dibacakan terlebih dahulu adalah yang Bahasa Inggrisnya. Seperti contoh:
With saying Basmallah, Bismillahirrahmanirrahim, flag ceremony on Monday, dated the 3rd of October 2015 will be started.
dengan ucapan Basmallah, Bismillahirrahmanirrahim, upacara bendera hari Senin, tanggal 3 Oktober 2015 akan segera dimulai
.
Nah, contohnya seperti itu. Tentu, yang membacakannya juga berbeda orangnya. Yang satu yang membaca teks Inggrisnya, dan yang satu membaca teks Indonesia.
Pasti pada nanya, “kenapa kak, contohnya cuma pembukaan aja?” waduh, kalau semuanya diketik disini, capek dek. Hihihi. Toh, yang penting, kalian sudah pada tahu apa perbedaan TUB di Nedutas dan di Sekolah lain.
            Mungkin, dicukupkan sekian, ya, artikelnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat bertemu diartikel selanjutnya!

—————————————————————————————————————
Kita sengaja buat kolom QnA, biar kalian nggak nanya lagi.
1. Q: Kak, yang ngelola blog ini cuma sekbid 3 & 10 aja?
A: Oh, tentu bukan. Yang ngelola blog itu sekbid 9 (tentang teknologi, komunikasi, dan informasi) nah, kenapa kita bisa nulis artikel ini, karena memang blog ini dikhususkan untuk setiap sekbid agar dapat membuat artikel yang nantinya diberikan kepada sekbid 9 lalu di post oleh mereka. J
2. Q:  Kak, kenapa yang bikin artikel ini cuma sekbid 3 sama 10 aja? Sekbid yang lain kemana Kak?
A: Karena memang ini sudah menjadi program kerja kami, proker sekbid 3 yaitu mengurus TUB sedangkan sekbid 10 mengurus bahasa Inggris. Jadi, kami saling melengkapi. Maka dari itu, hal ini adalah tanggung jawab kami. Karena itu, kami-lah yang membuat artikel ini.

Nah, mungkin dua pertanyaan tersebut bakalan banyaaaak banget ditanya sama kalian, makanya kita antisipasi dulu, hihi.


Jangan lupa follow instagram: @NedutasBerbahasa ya terimakasih! 
Tata Upacara Bendera di SMPN 2 Tasikmalaya Tata Upacara Bendera di SMPN 2 Tasikmalaya Reviewed by Unknown on 4:30 AM Rating: 5

No comments